Darya-Varia Bukukan Kinerja Positif Pada 2023

beritaKUH- PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA) pada Selasa, (11/06) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Paparan Publik di Park Hyatt Jakarta. Memaparkan serta menyetujui Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan 2023, sekaligus pemaparan pencapaian Perseroan Kuartal 1 2024.

Pada tahun 2023, Darya-Varia telah menunjukkan ketahanan dan kecakapan strategis yang luar biasa, terutama kinerja kuat dari bisnis obat resep. Tahun 2023 berhasil melampaui target dengan pertumbuhan sebesar 11%  jauh di atas pertumbuhan pasar obat resep di Indonesia yang mencapai 4%.

Kesuksesan ini diimbangi oleh penurunan pada bisnis consumer health, mencakup produk vitamin, produk sirup, dan personal care. Pendapatan Perseroan dari bisnis consumer health menurun sebesar 9% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2023, Perseroan mencatat pendapatan bersih sebesar Rp1,89 triliun, sedikit menurun 1% dibandingkan pendapatan tahun sebelumnya. Perseroan berhasil memperluas pangsa pasar dari merek-merek andalan di segmen consumer health, yaitu Vicee, Enervon-C, dan Natur-E.

Ini merupakan keberhasilan yang signifikan, mengingat koreksi mendalam di pasar multivitamin pada tahun 2023 yang mengalami penurunan 7%.

Strategi pertumbuhan Perseroan pada tahun 2024 akan memiliki banyak pendekatan (multi-pronged), Perseroan akan mempertahankan strategi sukses yang telah mendorong pertumbuhan keuangan berkelanjutan dan meningkatkan pangsa pasar.

Pada Kuartal 1 2024, Perseroan mencapai total pendapatan sebesar Rp532 miliar, yang meningkat 4% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023. Didorong oleh peningkatan tingginya permintaan produk-produk personol core den suplemen hesehatan.

Laba bersih untuk kuartal pertama 2024 mencapai Rp67 miliar, 119% lebih tinggi periode sama pada tahun 2023, didorong oleh tingginya permintaan terhadap produk consumer health.

“Kami sangat senang dengan kinerja Perseroan pade Kuertal 1 2024 dan yakin behwe tahun 2024 akan menjadi tahun yang huar biase bagi bisnis kami, optimis bisa mempertahankan momentum ini sepanjang tahun” ujar dr. Ian Kloer President Direktur Darya-Varia.