Pameran seni persembahan Kedutaan Irlandia untuk

Irish Legends Through Indonesian Eyes

beritaKUH- Pameran seni persembahan Kedutaan Irlandia untuk Indonesia, bekerja sama dengan ISA Art dan Jakarta Land ini  berlangsung dari 27 Mei hingga 14 Juni 2024 di gedung World Trade Center 2 di Jakarta Pusat.

Bertajuk Irish Legends Through Indonesian Eyes, di mana benang merah antara warisan budaya Indonesia dan Indonesia berkelindan dalam sebuah perpaduan budaya yang indah.

Pameran yang dirancang dengan saksama ini merupakan penghormatan terhadap hubungan diplomatik yang langgeng antara Indonesia dan Irlandia sejak 1984.

Pada pameran ini terdapat karya visioner dari Vania Gracia, yang memenangkan penghargaan atas karyanya dalam menciptakan batik resmi Kedutaan Besar Irlandia.

Vania Gracia adalah seorang lulusan dari Institut Teknologi Bandung jurusan Kerajinan dari Fakultas Seni Rupa dan Desain. Bercita-cita untuk mengukir namanya di industri mode.

Karya tersebut merupakan contoh sempurna dari perpaduan harmonis antara alam Irlandia dan kerajinan Indonesia. Bekerja sama dengan pengrajin terkemuka seperti Cak Nur dan Batik Pohon, karyanya melampaui sekadar kain.

Pameran seni ini dibuka oleh Duta Besar Irlandia, H.E. Mr. Pádraig Francis dan diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno serta dihadiri oleh Duta Besar Negara Sahabat.

“Mudah-mudahan kedepannnya hubungan lebih erat bisa menghasilkan kesejahteraan dan kemajuan yang lebih signifikan bagi kedua negara, dan ini merayakan 40 tahun persahabatan antara Irlandia dengan Indonesia dan 10 tahun kedutaan besar Irlandia di Jakarta” ujar Sandiaga Uno.

Jelajahi narasi magis dalam pameran batik yang dikurasi ini, di mana setiap motif dan jahitan mencerminkan warisan bersama dan perayaan kecerdikan artistik.