PT Kereta Api Indonesia (Persero)  mengoperasikan kereta ekonomi

KA Menoreh Gunakan Kereta Ekonomi New Generation

beritaKUH- PT Kereta Api Indonesia (Persero)  mengoperasikan kereta ekonomi new generation versi modifikasi KA Menoreh relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Pasarsenen dan KA Menoreh relasi Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng mulai 1 September 2024.

“Upgrade kereta kelas ekonomi tersebut menggantikan jenis kursi berhadapan menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi dengan 72 tempat duduk.” ujar Anne Purba VP Public Relations KAI.

Kursi pada kereta ekonomi new generation sudah berjenis captain seat  dilengkapi fitur pengatur kemiringan (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving). Pada interior kereta ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu.

Interior kereta juga dimodifikasi menyerupai kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah serta toilet duduk dilengkapi wastafel dan hand dryer. Tersedia tempat ibadah di kereta restorasi.

Kereta Menoreh new generation ini merupakan hasil inovasi sarana yang dilakukam oleh Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta).

KAI menargetkan pada tahun 2024 untuk mengubah sebanyak 60 kereta ekonomi kursi tegak berhadapan menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi. Hingga 30 Agustus 2024, sudah terdapat sebanyak 42 kereta yang telah dimodifikasi.
“Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” tutup Anne.