KAI Daop 1 Jakarta Pastikan Kesiapan Mudik Lebaran 2024

beritaKUH- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah melakukan kesiapan-kesiapan untuk angkutan lebaran 2024 menjelang periode mudik pada tanggal 31 Maret 2024 hingga 21 April 2024. Seperti antisipasi sarana dan prasarana, pengamanan dalam perjalanan kereta api maupun di stasiun dan peningkatan keselamatan perjalanan kereta api.

“Antisipasi gangguan perjalanan KA seperti lokomotif posko, kereta pembangkit dan crane pada titik yang ditentukan. Penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada lokasi yang ditentukan serta menempatkan petugas prasarana extra antara lain Petugas Jaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus),” kata Ixfan Hendriwintoko Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta.

KAI Daop 1 Jakarta melakukan koordinash kewilayahan dengan aparat setempat serta meningkatkan pengamanan pada daearah rawan kamtib. Dengan jumlah petugas pengamanan yang tersebar.

“KAI telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut, terutama keselamatan pada perlintasam sebidang,” ujar Ixfan.

KAI Daop 1 Jakarta juga telah menyiapkan Kereta Api Reguler maupun Tambahan dengan kesiapan baik dari Lokomotif, Kereta, maupun Kereta Pembangkit untuk mendukung angkutan mudik lebaran.

KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan tempat duduk untuk penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) sebanyak 957.138 tempat duduk dengan rata-rata harian tempat duduk 43.506 tempat duduk

Tahun 2024 ini jumlah kapasitas tempat duduk yang disediakan meningkat 8 persen yang dimana pada tahun 2023 hanya menyediakan 917.017 tempat duduk untuk penumpang kereta jarak jauh,” kata Ixfan.

Daop 1 Jakarta saja, ada KA angkutan Motor Gratis (Motis) kolaborasi antara Kemenhub. Angkutan Motis tahun ini membawa 2.014 penumpang perharinya dengan membawa total 870 unit motor perhari pada periode selama 14 hari. Motis ada 3 lintas yaitu lintas utara relasi Cilegon-Semarang Tawang, Lintas Tengah relasi Jakarta Gudang-Kutoarjo dan yang terakhir Lintas Selatan via Bandung relasi Jakarta Gudang-Madiun.

Untuk pengamanan KAI Daop 1 Jakarta sudah menyiapkan 591 personel yang tersebar diseluruh wilayah kerja daop 1. KAI akan terus memberikan kenyamanan dan keselamatan kepada penumpang jasa angkutan kereta api yang ingin mudik lebaran tahun 2024.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi customer service KAI di 121, Media Sosial KAI @kai121, kai.id, WhatsApp 08111-2111-121 dan email cs@kai.id.



Leave a Reply