PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta terus

KAI Daop 1 Jakarta Tingkatkan Pelayanan di Stasiun

beritaKUH- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan mesin air siap minum gratis di beberapa stasiun. Bertujuannya agar pelanggan atau pengunjung di zona dua dapat langsung memanfaatkannya saat haus dan membutuhkan air minum.

“Fasilitas air minum distasiun ini KAI berusaha mengajak penumpang – pekerja untuk turut melestarikan lingkungan dengan cara mengurangi pengunaan plastik terutama pada air minum kemasan baik gelas atau botol,” kata Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Rabu (31/7/2024).

Fasilitas mesin air siap minum tersedia di 8 lokasi stasiun kereta api, yaitu Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Manggarai, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Juanda, serta di seluruh stasiun Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Untuk melindungi kesehatan masyarakat dari penyakit yang bersumber dari air (water borne diseases), perlu dilakukan pengawasan dan pengamanan kualitas air minum di tempat dan fasilitas umum, termasuk stasiun kereta api.
Dinas Kesehatan memiliki peran penting dalam pengawasan eksternal kualitas air minum untuk memastikan air aman dikonsumsi masyarakat.
Pemeriksaan bersama oleh Dinas Kesehatan dan tim Unit Kesehatan PT KAI Daop 1 Jakarta dilakukan mulai tanggal 16 juli 2024 di Stasiun Jakarta Kota dan pada tanggal 29 Juli 2024, dilakukan di stasiun rangkas bitung dengan kehadiran beberapa pejabat internal PT KAI.
“Kegiatan pengawasan ini akan berakhir 6 Agustus 2024 di Stasiun Cikoko LRT Jabodebek, kegiatan ini bertujuan memastikan air yang disediakan untuk pelanggan kereta api memiliki kualitas yang aman dan layak untuk dikonsumsi, sehingga pelanggan terhindar dari dehidrasi, dari penyakit dan kualitas hidup sehat dapat meningkat,” tutup Ixfan.