KAI Daop 5 Purwokerto Adakan Pagelaran Seni Budaya

beritaKUH- Dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-79 Kereta Api Indonesia, KAI Daop 5 Purwokerto menghadirkan event video mapping dan pagelaran seni budaya bertajuk Skybridge Culture Night Festival “The Art of Transformtion”. Menggandeng kreator-kreator muda dari DKV Telkom University Purwokerto dan Penggiat Seni Banyumas untuk menyuguhkan pertunjukan yang memadukan teknologi video mapping dan seni budaya khas Banyumas.

Dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-79

“Skybridge Culture Night Festival “The Art of Transformation” ini adalah sebuah pagelaran video mapping yang menyajikan visual motion graphic yang dipadukan dengan pertunjukan seni dan budaya sebagai bentuk dukungan Daop 5 Purwokerto kepada pelestarian budaya.” ujar Gun Gun Nugraha, Vice President Daop 5 Purwokerto.

Fokus sajian visual motion graphic ada tiga hal yang diangkat yaitu perkembangan KAI khususnya di Stasiun Purwokerto seperti peningkatan layanan kepada pelanggan dengan adanya Skybridge, Ruang Tunggu Luxury Lounge, Fasilitas Boarding Face Recognition, Monumen Lokomotif “Kebo Kuning” C300 dan Ruang Tiket serta Layanan Pelanggan yang semakin nyaman.

Kedua, visual terkait ciri khas Daop 5 Purwokerto dimana wilayah kerjanya dibalut landscape pemandangan indah seperti dilalui Sungai Serayu dan keberadaan Gunung Slamet. Ketiga, yakni visual motion graphic seni budaya sebagai dukungan turut melestarikan budaya dengan memvisualkan Batik, Kain Jarit, Wayang, dan Tari Lengger Banyumas.

“Hal ini juga sejalan dengan komitmen KAI untuk turut mendukung komitmen global dan nasional terkait pembangunan berkelanjutan atau Suistainable Development Goals (SDGs). “Hal ini sangat relevan dengan tema HUT KAI ke-79 tahun 2024 ini yaitu “Safety and Sustainability”, tambah Gun Gun.

Gelaran Skybridge Culture Night Festival “The Art of Transformation” ini diharapkan dapat menjadi wadah dan dukungan bagi creator-creator muda dan para seniman daerah untuk terus menghasilkan karya yang bisa menginspirasi.