Mahasiswa Paramadina Graduate School of Communication

Mahasiswa Paramadina Kolaborasi Dengan Kampung Berseri Astra Sunter Jaya

beritaKUH- Mahasiswa Paramadina Graduate School of Communication (PGSC) melakukan aksi nyata menggandeng masyarakat Kampung Berseri Astra Sunter Jaya, Jakarta Utara dalam program pemberdayaan masyarakat. Bertema “Tertib Administrasi Demi Kemajuan Organisasi dan Kiat Membangun Kolaborasi antar Organisasi atau Kelompok Masyarakat”.

Aksi nyata Mahasiswa PGSC yang merupakan hasil pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah Komunikasi dan Pemberdayaan Sosial selama satu semester dituangkan dalam kegiatan Pelatihan Manajemen Organisasi (PMO), diikuti oleh lebih dari 30 peserta. 

“Pelatihan Manajemen Organisasi ini guna membangun kolaborasi aktif secara terbuka dengan berbagai kelompok masyarakat atau organisasi lainnya yang memiliki misi dan spirit yang sama dengan KBA Sunter Jaya yaitu untuk meningkatkan produktivitas serta kualitas hidup masyarakat” ujar Dody Triguno Mahasiswa PGSC sekaligus ketua kelompok acara.

“Kami di KBA Sunter Jaya, sangat berterima kasih dengan antusias dan kehadiran mahasiswa PGSC Paramadina. Tentunya pelatihan baik berupa hard skill maupun soft skill, yang sangat diperlukan oleh masyarakat, terutama dalam keberlanjutan organisasi di kelompok kami” kata Siti Zuhro Ketua Pilar Pendidikan, Organisasi KBA Sunter Jaya.

KBA Sunter Jaya merupakan KBA binaan PT Astra International Tbk yang telah menjalankan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan oleh masyarakat Sunter Jaya dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. 

Pelatihan manajemen organisasi, dipilih karena dalam kajian Ilmu Komunikasi, kegiatan ini dapat mendukung kesuksesan suatu organisasi atau komunitas masyarakat secara organik dengan memperkuat komunikasi interpersonal dan membangun budaya organisasi yang kohesif.

Warga KBA Sunter Jaya, diberikan pelatihan, mengenai cara beradaptasi dan merespons perubahan eksternal dan internal dengan lebih efektif. 

Mahasiswa PGSC yang tergabung dalam kelompok beranggotakan, Dody Triguno, Dimas Bagus Laksono, Idhar Fisabilhaq, Fadhlillah Dzil Ikram Ambotuwo, Muhammad Fauzan Adzim Al Mahmudi, dan Muhammad Rayada memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi, dan pengalaman bekerja yang cukup mumpuni di bidang masing-masing.

Ke depan, berbagai pelatihan yang diberikan kepada masyarakat harapannya bisa berdampak positif, dan diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat dalam jangka panjang. 

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kami berharap silaturahmi ini dapat dilanjutkan di kesempatan yang akan datang.” tutup Dody Triguno.