Susu MILKU Miliki Kandungan Nutrisi Yang Baik

beritaKUH- Susu UHT (Ultra-High Temperature) merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting bagi anak-anak karena mengandung berbagai zat gizi seperti protein hewani, kalsium, dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Susu UHT (Ultra-High Temperature) merupakan salah satu sumber nutrisi

Kandungan Gula dalam Susu UHT Milku

Gula dalam susu UHT terdiri dari dua jenis utama, yaitu sukrosa dan laktosa. Sukrosa adalah gula tambahan yang sering kali ditambahkan untuk meningkatkan cita rasa susu, sementara laktosa adalah gula alami yang ditemukan dalam susu sapi.

Susu MILKU sendiri menawarkan 3 varian, yaitu rasa original, coklat, dan stroberi. Untuk pilihan lebih sehat, Susu Milku Original mengandung 9 gram laktosa dan tidak ada tambahan sukrosa. Varian coklat dan stroberi mengandung 13 gram sukrosa, dan 9 gram laktosa, aman yang dapat dikonsumsi anak-anak setiap hari.

“Laktosa dan Sukrosa merupakan karbohidrat sederhana atau dikenal dengan disakarida. Secara natural laktosa berasal dari susu hewan sedangkan sukrosa banyak berasal dari buah dan sayuran. Sebagai karbohidrat, maka keduanya berfungsi sebagai sumber energi termasuk pada anak-anak, ” ujar dr. Marya Haryono, M.Gizi, Sp.GK, FINEM RS Siloam Kebun Jeruk Jakarta.

Pentingnya para orang tua mengawasi asupan gula anak secara keseluruhan dari berbagai sumber makanan lainnya. Laktosa adalah gula alami yang terdapat dalam susu dan memiliki peran penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium serta menjaga kesehatan pencernaan anak, sedangkan sukrosa, meskipun ditambahkan untuk meningkatkan rasa, jumlahnya sangat terukur dan tidak membahayakan jika dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Kandungan Protein Hewani yang Penting

Susu UHT Milku juga kaya akan protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk pertumbuhan. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan, perbaikan sel tubuh dan mempertahankan sel sehat, selain itu juga berperan dalam menjaga enzim, hormon serta antibodi.

Protein hewani dalam susu UHT adalah salah satu sumber protein yang lengkap dan berkualitas tinggi untuk anak-anak. Asupan protein yang cukup sangat penting untuk mendukung proses tumbuh kembang anak secara optimal.

Untuk memenuhi kebutuhan standar diet gizi seimbang, maka kombinasi sumber protein lain misalnya telur, ikan, tahu, tempe, daging merah atau kacang-kacangan disertai tambahan susu dapat menjadikan asupan nutrisi menjadi lebih bervariasi bukan hanya mendapatkan asupan protein saja, tetapi juga asupan karbohidrat, lemak bahkan mikronutrisi.

Susu Milku original tidak mengandung sukrosa atau gula tambahan, sedangkan varian lain walaupun ada tambahan gula sukrosa, tetap dalam batas rekomendasi buat anak. Tentunya tetap memperhatikan jumlah gula dari sumber makanan atau minuman lain.

Kalsium untuk Kesehatan Tulang dan Gigi Anak

Tak hanya itu, susu UHT juga dikenal sebagai sumber kalsium yang baik. Kalsium sangat penting untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang serta gigi yang kuat.

“Dalam satu botol Susu Milku, mengandung kalsium 25% per 200 ml dapat membantu melindungi dan memperkuat enamel di bagian luar gigi. Tubuh menggunakan kalsium untuk menghasilkan zat yang dikenal sebagai hidroksiapatit.” kata drg. Idial Trixi Aspaningrum, Sp.KGA.

Kalsium dari susu UHT membantu memperkuat struktur gigi dan tulang anak. Namun, penting untuk diingat bahwa kalsium perlu dikonsumsi bersamaan dengan vitamin D agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Kekurangan kalsium dari asupan makanan dapat mempengaruhi kesehatan gigi, terutama pada ketahanan dan kekuatannya. Tanda-tanda awal kekurangan kalsium pada gigi anak adalah gigi mudah rapuh atau gigi keropos.

ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam mengelola asupan sukrosa pada anak. Apabila anak sudah minum susu dengan tambahan gula di dalamnya, orang tua dapat memberikan cemilan berupa buah-buahan. Rekomendasi yang ideal minum susu maksimal 2 kali sehari diminum pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum sikat gigi.

Susu MILKU diproduksi di pabrik dan tidak tersentuh tangan untuk memastikan standar tinggi kebersihan dan higienitasnya. Telah mengantongi perizinan pangan dari badan terkait otoritas pangan diantaranya BPOM, Sertifikat Halal, Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan dan Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi akun Instagram @susumilku – ANAK HEBAT, MULAI DARI MILKU.